Bekerja Dengan Berbagai Jenis File dan Program (Joseph Moran, 2015)

Salah satu aspek yang membuat frustrasi saat menggunakan PC adalah saat Anda mengklik suatu file dan anda menemukan bahwa file tersebut tidak terbuka di program yang Anda harapkan. Ini sangat menjengkelkan ketika file yang digunakan untuk dibuka di program yang sudah dikenal tetapi kemudian tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas terbuka di program yang berbeda. Dalam bab ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana Windows menentukan program mana secara otomatis membuka file Anda dan cara memeriksa terlebih dahulu program mana yang dikonfigurasi untuk membuka jenis berkas yang mana. Hal ini dikenal dengan program bawaan. Kami juga akan menjelaskan cara mengubah program default untuk jenis file dan kemudian menimpa default tersebut untuk contoh tertentu ketika Anda ingin membuka file dalam program yang berbeda dari biasanya. Misalnya anda biasanya membuka musik menggunakan program winamp dan ini secara default tersimpan di komputer anda, tetapi anda memiliki program baru, misalnya GOM Music Player, dan anda ingin ketika membuka file dengan ekstension .mp3, secara otomatis musik akan terbuka menggunakan GOM Music Player.

Sebelum kita memulai, mari kita membahas tentang perbedaan antara program dan aplikasi. Sebenarnya, tidak ada perbedaan antara keduanya, karena keduanya adalah software yang digunakan untuk membuka suatu file, meskipun beberapa waktu terakhir, lebih sering digunakan untuk merujuk pada program yang di download dari Microsoft Windows Store. Microsoft menggunakan kedua istilah ini di Windows, dan juga tidak sepenuhnya konsisten. Demi kejelasan, kita akan merunjuk terutama pada “program” dalam kajian kali ini, tetapi perlu diketahui bahwa istilah-istilah tersebut pada dasarnya bersinonim.

Program VS Aplikasi

Ekstensi File

Jadi bagaimana Windows memutuskan untuk membuka file X secara otomatis menggunakan program Y? Sederhananya, terlihat pada jenis file yang Anda buka yang dilambangkan dengan akhiran tiga atau empat karakter yang disebut ekstensi- dan kemudian menjalankan program yang telah didefinisikan sebagai program default untuk jenis file tersebut.

Tabel. Jenis ekstensi file yang sering dijumpai di sistem operasi windows

EkstensiTipeEkstensiTipe
.docxMicrosoft Word Document.gifGraphical Interchance Format Image
.xlsxMicrosoft Excel spreadsheet.jpgJPEG Imange
.pptxMicrosoft Powerpoint Presentation.mp3MP3 Audio
.txtPlain Text Document.mp4MP4 Video
.pdfAdome Portable Document Format.movApple Quick-time Movie
Untuk cek jenis ekstensi dan tipe file lainnya, silahkan kunjungin https://fileinfo.com/filetypes/common

Dalam keadaan normal, ekstensi file disembunyikan dari tampilan di File Explorer, tetapi mudah untuk membuatnya terlihat. Klik menu VIEW dan centang kotak berlabel File name extensions (Gambar 1); Anda akan melihat setiap ekstensi file ditampilkan di sebelah kanan namanya. Mencentang kotak ini membuat ekstensi file terlihat tidak hanya di File Explorer tetapi juga di area lain tempat Anda melihat daftar file, seperti di Desktop atau saat membuka/menyimpan file di dalam program.

Gambar 1. Centang untuk menampilkan ekstensi file

Asosiasi File

Secara Umum, Anda biasanya tidak perlu membuat ekstensi file terlihat karena kolom “Jenis” di File Explorer dan/atau ikon file biasanya akan menunjukkan jenis file yang sedang Anda gunakan. Namun, terlihat atau tidak, ekstensi file tetap penting karena ekstensi itulah yang memungkinkan Windows menentukan hubungan antara jenis file tertentu dan program (atau program) yang dapat membuka file tersebut. Hubungan ini dikenal sebagai asosiasi file, dan asosiasi file yang paling penting di Windows adalah program default yang disebutkan di atas, karena menentukan program mana yang akan secara otomatis membuka file ketika Anda mengkliknya. Namun, program default terkadang dapat berubah secara tidak terduga. Seringkali ketika Anda menginstal program baru-atau memperbarui yang sudah ada-yang mampu membuka jenis file tertentu, program mengonfigurasi dirinya sendiri untuk secara otomatis membuka setiap jenis file tertentu. Seperti yang terjadi, sebagian besar program memberi Anda kesempatan untuk meninjau dan menimpa perubahan ini selama proses instalasi, tetapi mereka sering diterima tanpa kita sadari, karena ketika menginstall file, kita kurang mengamati pengaturan default yang ditentukan program tersebut. Untungnya, Windows memungkinkan Anda mengonfigurasi program default dan asosiasi file sehingga Anda selalu dapat membuka jenis file yang Anda inginkan dengan program spesifik yang Anda inginkan.

Mengkonfigurasi Program Default

Untuk melihat dan mengonfigurasi program default di Windows 10, cari dan pilih “Default Apps” (Gambar 2), lalu pilih opsi Choose Default Applications. Untuk mengatur program default anda, klik Set Defaults by App. Setelah terbuka, Anda akan melihat jendela yang ditunjukkan pada Gambar 3. Terlihat daftar program default utama yang terlihat seperti Mail, Maps, Music Player, Photo Viewer, Video Player, dan Web Browser. Setelah Klik Set Defaults by App, anda akan melihat daftar program default lengkap yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Untuk mengatur default program sesuai kebutuhan, klik Program, lalu pilih Manage (Gambar 4). Setelah itu akan terlihat beberapa program yang mendukung file yang sama, dan anda dapat memilih salah satu untuk program default.

Proses yang baru saja diuraikan dimaksudkan untuk situasi di mana Anda memiliki program favorit dan menginginkannya menjadi default untuk setiap file yang dapat dibuka. Dengan kata lain, setelah Anda menentukan program, Anda dapat menentukan ekstensi file yang akan terbuka secara otomatis dengan program default yang sudah ditetapkan.

Gambar 2. Tampilan Default Apps
Gambar 3. Daftar Program Default yang Terlihat
Gambar 4. Mengatur Default Program

Bagaimana Anda Membuka FIle dengan Jenis Tertentu

Terkadang saat membuka file, Anda akan melihat jendela popup di sudut kanan atas layar (Gambar 5), yaitu Windows yang secara proaktif menanyakan apakah Anda ingin mengubah program default untuk jenis file tersebut. Ini biasanya terjadi saat pertama kali Anda mencoba membuka jenis file tertentu di PC, atau setelah menginstal program baru yang dapat membuka jenis file tersebut (yang memberi Anda pilihan tambahan untuk program default).

Gambar 5. Popup untuk Memilih Program Default suatu File

Membuka File Dengan Program Selain Program Default

Bahkan setelah Anda memilih program default yang disukai untuk jenis file tertentu, mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin membuka file tertentu dalam program yang berbeda tanpa benar-benar mengubah program default tersebut. Misalnya, Anda biasanya akan membuka file video dalam program pemutar, tetapi jika Anda ingin mengedit video, Anda harus membukanya di program pengeditan. Untungnya, Windows memudahkan untuk memilih program yang ingin Anda gunakan setiap kali Anda membuka file. Cukup klik kanan atau ketuk lama file dan pilih “OPEN WITH” untuk menampilkan daftar program yang sesuai. Pilih program yang Anda inginkan dan file akan terbuka di program itu tanpa mengubah program default. Opsi Pilih program default menawarkan metode alternatif untuk “Use This App for All Files” yang dijelaskan sebelumnya. Pilih item ini dan akan memungkinkan Anda untuk menentukan aplikasi default baru.

Review Buku “File Management Made Simple, Windows Edition”, Joseph Moran, 2015

Referensi

Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *