Mencari File (Joseph Moran, 2015)

Bahkan jika Anda cukup teliti tentang bagaimana Anda menyimpan dan mengatur file Anda, akan sering ada saat ketika Anda membutuhkan dokumen tertentu, gambar, dan sebagainya, dan Anda tidak yakin persis di mana menyimpannya di dalam PC. Untuk membantu Anda menemukan file Anda, fitur pencarian bawaan Windows memudahkan anda melakukan pencarian cepat di semua lokasi di PC tempat data pribadi pengguna biasanya disimpan. Anda juga dapat menggunakan File Explorer untuk melakukan pencarian folder tertentu dan/atau pencarian berdasarkan berbagai atribut file seperti jenis file, ukurannya, atau kapan terakhir diubah.

Pencarian Cepat Windows 8.1

Cara termudah untuk melakukan pencarian file cepat di Windows 8.1 adalah dengan menekan tombol logo Windows + F dan masukkan kata kunci pencarian Anda-biasanya, biasanya ini adalah nama file, atau apapun yang Anda tahu dan ingat tentang file tersebut. Windows akan menampilkan sebagian daftar hasil, jadi jika Anda melihat file yang Anda cari dalam daftar, cukup klik untuk membukanya. Jika Anda tidak melihat file yang Anda inginkan, klik ikon kaca pembesar di sebelah kanan kotak pencarian dan Anda akan dapat melihat hasil pencarian lengkap, yang akan dibagi ke dalam kategori (jika ada)-dokumen, lagu, dan foto atau video (Gambar 1). Hasil pencarian Anda biasanya akan menyertakan file dengan nama yang belum tentu cocok dengan kata kunci Anda, karena pada dokumen (misalnya, Microsoft Word, Microsoft Excel, Adobe PDF), Windows mencocokkan kata kunci Anda dengan konten file serta namanya (yang berkaitan dengannya). Misalnya, mencari “Biologi” mungkin menghasilkan kecocokan dengan file yang secara eksplisit bernama “Buku Biologi”, tetapi juga dapat menghasilkan kecocokan dengan file tambahan bernama “Makalah” atau “Tugas” jika data dalam file tersebut menyertakan kata “Biologi”.

Gambar 1. Windows + F untuk Pencarian Cepat

Melakukan pencarian cepat untuk file seperti yang baru saja dijelaskan itu mudah, nyaman, dan akan sangat sering mengarahkan Anda ke apa yang Anda cari. Namun, karena pencarian dengan cara ini hanya memungkinkan Anda untuk mencari berdasarkan kata kunci dan hanya dapat mencari pada semua lokasi yang diindeks (berlawanan dengan lokasi tertentu), Anda mungkin juga harus mencocokkan banyak hal untuk menemukan file tertentu. Untuk kontrol yang lebih besar atas bagaimana dan di mana Anda mencari, gunakan File Explorer. Saat Anda berada dalam mode desktop Windows 8.1, Anda dapat membuka File Explore dengan mengklik atau mengetuk ikonnya di taskbar. Jika tidak, klik kanan atau ketuk lama ikon logo Windows di kiri bawah dan pilih File Explorer. Anda akan melihat opsi pencarian tepat di bawah File Explorer di menu logo Windows yang disebutkan di atas. Ini melakukan pencarian yang luas untuk aplikasi, file, pengaturan, serta pencarian Internet dari istilah apa pun yang Anda ketik. Meskipun mode pencarian ini berguna untuk pencarian umum (cara lain untuk memanggilnya adalah tombol Windows + S atau hanya mengetik istilah pencarian dari layar Start), yang terbaik adalah menghindarinya saat Anda hanya mencari file.

Setiap jendela File Explorer berisi menu pencarian di dekat kanan atas, dan di dalam kotak ini. Anda akan melihat teks yang menunjukkan di mana pencarian akan difokuskan berdasarkan lokasi Anda (Gambar 2). Misalnya, jika Anda memilih This PC di File Explorer, kotak pencarian akan menampilkan Search This PC; jika Anda telah memilih folder Documents, kotak tersebut akan menampilkan Search Documents, dan seterusnya. Selain itu, saat Anda masuk lebih dalam ke serangkaian subfolder, kotak pencarian akan selalu diperbarui untuk mencerminkan folder yang sedang dilihat. Saat Anda mulai mengetik pencarian Anda ke dalam kotak, Anda akan segera melihat hasilnya muncul di bawah ini. Saat Anda terus mengetik, hasil pencarian akan terus diperbarui untuk mencerminkan apa yang telah Anda ketik. Anda juga mungkin akan melihat istilah pencarian Anda disorot dalam daftar file ketika mereka cocok dengan nama atau isi file Microsoft office (Gambar 3).

Gambar 2. Label sebelah kiri pada windows eksplorer mencerminkan posisi file yang akan dicari
Gambar 3. Kata Pencarian akan disorot untuk memudahkan kita menemukan file yang tepat

Alat Pencari

Anda mungkin akan melihat bahwa segera setelah Anda Klik di dalam kotak pencarian File Explorer, item menu yang ditampilkan di bagian atas jendela beralih ke seperangkat Alat Pencarian yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan lokasi pencarian Anda dan menerapkan berbagai filter (Gambar 4). Dari set item menu paling kiri, Anda dapat mengubah lokasi pencarian Anda. Secara default, Windows secara otomatis mencari folder yang Anda tentukan dan semua subfoldernya (yaitu, semua folder yang ada di dalam folder yang Anda cari); oleh karena itu, Anda akan melihat “Semua subfolder” disorot. Setelah Anda memasukkan istilah pencarian Anda, klik atau ketuk opsi yang sesuai untuk membatasi pencarian di lokasi yang berbeda dengan memilih opsi Search again in. Kumpulan item menu berikutnya memungkinkan Anda menyaring (memfilter) pencarian Anda dengan menentukan kapan file dimodifikasi, jenis file apa itu (misalnya, dokumen, gambar, atau file musik), atau seberapa besar file itu. Saat Anda mengklik opsi dan memilih dari menu yang muncul (Gambar 5), hasil pencarian Anda akan diperbarui sesuai dengan itu. Anda juga akan melihat parameter filter ditambahkan ke kotak pencarian.

Gambar 4. Menu pencarian pada windows Eksplorer
Gambar 5. Pencarian yang dapat difilter pada menu pencarian windows Eksplorer

Pencarian Sintaks Kueri Tingkat Lanjut

Cara yang lebih kuat dan terfokus untuk mencari file adalah dengan menggunakan Windows Pencarian Sintaks Kueri (AQS), filter atribut file yang jauh untuk mengetik langsung ke kotak pencarian File Explorer mengikuti istilah pencarian Anda. Katakanlah Anda ingin mencari file berdasarkan istilah tetapi ingin membatasi hasil Anda hanya untuk file yang diubah dalam jangka waktu tertentu, seperti yang diilustrasikan pada Gambar 5. Pada pencarian menggunakan AQS, Anda dapat mengetikkan modified: ke dalam kotak pencarian. Segera setelah Anda mengetik titik dua, sebuah menu muncul menampilkan opsi kerangka waktu yang sama seperti yang ditemukan pada gambar sebelumnya, tetapi dengan AQS Anda juga dapat memilih tanggal tertentu dari kalender atau rentang khusus-cukup tahan Shift sambil mengklik atau mengetuk tanggal awal dan tanggal berakhir (Gambar 6).

Gambar 6. Penarian berdasarkan tanggal dan atribut file

Anda dapat menggunakan pencari AQS menggunakan salah satu opsi yang ditemukan dalam menu Tanggal diubah, Jenis, Ukuran, atau properti Lainnya di Alat Pencarian. (Catatan: pilihan tersedia di bawah properti lain akan bervariasi tergantung pada jenis folder yang Anda cari-misalnya, itu akan menyertakan “author” untuk Dokumen, “artist” untuk Musik, dan “date taken” untuk Picture). Perlu dicatat bahwa saat mencari melalui AQS Anda memiliki opsi untuk mengetik melewati menu jika diinginkan. Dengan kata lain, ketik type: dan menu yang relevan akan muncul, tetapi Anda dapat mengabaikan menu tersebut dan melanjutkan mengetik kind:document untuk menyelesaikan pencarian Anda.

Jenis (KIND) & Tipe (TYPE)

Saya ingin mengambil waktu sejenak untuk membedakan antara atribut jenis dan atribut tipe, yang terakhir ditemukan di menu properti Lainnya. Sederhananya, Kind adalah istilah umum yang mengacu pada kategori file tertentu. Misalnya, pencarian file untuk kind:document akan cocok dengan file apa pun yang merupakan dokumen, yang mungkin berupa File Word, Excel, atau PDF antara lain. Sebaliknya, type mengacu pada format file tertentu, jadi jika Anda ingin mencari membatasi pencarian Anda ke file PDF, Anda akan menggunakan type:pdf.

Untuk menggunakan berbagai macam syntax Perintah AQS, dapat dilihat di msdn.microsoft.com/en-us/library/aa965711(v=vs.85).aspx. Website mungkin telah diupdate, tetapi tetap akan diarahkan pada laman yang dibutuhkan.

Tips & Trik

Mencari di Windows 10

Mencari file di Windows 10 sangat mirip dengan yang dilakukan di Windows 8.1. Faktanya, ketika mencari dari File Explorer, sebenarnya sama saja. Namun, tidak seperti di Windows 8.1, Windows 10 tidak mengizinkan Anda memulai a pencarian file cepat menggunakan pintasan Tombol Windows + F. Di Windows 10, Anda dapat melakukan pencarian semacam ini menggunakan fitur pencarian “Cortana” sistem operasi. Untuk melakukan pencarian file cepat menggunakan Cortana, ketik istilah pencarian Anda ke dalam kotak pencarian di sisi kiri taskbar (itu akan mengatakan “Tanya saya apa saja” atau “Cari web dan Windows”). Ini akan menampilkan daftar yang paling cocok bersama dengan hasil pencarian lain dari Web (Gambar 7). Untuk hasil pencarian lengkap, klik atau ketuk Milik saya untuk melihat daftar lengkap kecocokan, disusun menurut kategori. Untuk melakukan pencarian file cepat menggunakan Cortana, ketik istilah pencarian Anda ke dalam kotak pencarian di sisi kiri taskbar (itu akan mengatakan “Tanya saya apa saja” atau “Cari web dan Windows”). Ini akan menampilkan daftar yang paling cocok bersama dengan hasil pencarian lain dari Web (Gambar 7). Untuk hasil pencarian lengkap, klik atau ketuk Milik saya untuk melihat daftar lengkap kecocokan, disusun menurut kategori.

Gambar 7. Pencarian file padan Windows 10

Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *