Mengelolah dan Melindungi File dengan Akun Pengguna (Joseph Moran, 2015)

Tinjau situasi ini: Seseorang kepala keluarga membeli Komputer baru, dan saat pertama mengatur Komputer tersebut, diwajibkan membuat Akun Pengguna Windows terdahulu. Orang tersebut kemudian menyiapkan kata sandi Akun Pengguna untuk anggota keluarganya, siapapun bergantian untuk masuk ke Komputer kapanpun mereka ingin gunakan Komputer tersebut. Hal ini sangat efektif dengan maksud orang-orang tersebut bukan sekedar berbagi Komputer, mereka juga membagikan Akun Pengguna Pribadi. Meskipun skenario ini terlalu umum dan mungkin tampak cukup baik, hal itu tidaklah disarankan karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena setiap akun pengguna kehilangan kemampuan untuk menyesuaikan tampilan, nuansa, dan tindakan PC sesuai dengan preferensi individu mereka. Namun bila menyangkut tentang manajemen file, berbagi akun pengguna adalah ide yang sangat buruk karena dua alasan.

Pertama, hal tersebut bisa membuat beberapa file dari beberapa orang bergabung dalam folder yang sama (misalnya, Dokumen, Gambar, Video, dll.) dan menjadi sulit untuk tahu file mana yang dimiliki oleh salah satu orang tersebut. Ini juga berarti setiap pengguna akun bersama bebas untuk melihat, memodifikasi, atau menghapus file orang lain (baik dengan sengaja atau tidak). Alasan lain dari berbagi satu akun ke banyak orang yaitu memicu masalah karena akun pertama yang dibuat pada PC Windows secara otomatis membuat akun Administrator, yaitu jenis akun yang memiliki akses tak terbatas ke PC dan juga pengaturannya (berlainan dengan Akun Standar yang memiliki akses terbatas).

Ini penting karena saat kita masuk ke Windows sebagai administrator, akun kita sangat rentan terhadap perangkat lunak berbahaya (alias malware), yang dengan lebih mudah mengunduh dan menginstal di PC dengan sendirinya (terkadang muncul di layar bahkan tanpa tanda yang jelas bahwa penginstalan sedang terjadi). Dan meskipun banyak jenis malware yang dulunya merupakan konten yang mengganggu (untuk membajak browser atau mesin penelusur kita, atau untuk menonaktifkan PC kita), sekarang ini malware lebih cenderung menargetkan file pribadi kita untuk dirusak atau dihancurkan, bahkan menolak kita mengakses ke file kita kecuali kita membayar uang tebusan.

Hati-Hati Terhadap Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang relatif baru dan sangat berbahaya yang mengenkripsi file kita dan meminta kita membeli kunci enkripsi yang kita perlukan untuk dapat mengaksesnya kembali.

Informasi

Ketika orang masuk menggunakan PC melalui akun administrator, risiko terserang malware jauh lebih besar, dan hal tersebut adalah benar bahkan jika kita menginstal perangkat lunak antimalware. Intinya, untuk memaksimalkan kemampuan pengguna untuk mengatur dan mengelola file mereka sendiri, dan meminimalkan risiko kerusakan atau kehilangan file karena malware, setiap orang yang menggunakan PC harus memiliki akun non-administrator mereka sendiri. Dalam review ini, kita akan menguraikan berbagai jenis akun pengguna Windows, menunjukkan bagaimana cara membuat akun untuk setiap pengguna PC, dan mengganti akun di antara jenis yang berbeda.

Tipe Akun Pengguna Windows

  1. Administrator. Akun Adminstrator memiliki kendali penuh atas semua aspek PC. Akun ini dapat menginstal perangkat keras atau perangkat lunak, mengubah keamanan dan pengaturan seluruh sistem lainnya, menciptakan atau membuat perubahan ke akun pengguna lain, dan mengakses file dan folder milik pengguna lain.
  2. Standar. Akun Standar dapat melakukan sebagian besar tugas sehari-hari di PC tetapi hanya dapat mengubah pengaturan yang memengaruhi akun tertentu (seperti wallpaper desktop, dll). Akun tersebut tidak dapat menginstal perangkat lunak atau mengubah pengaturan yang memengaruhi seluruh PC atau akun pengguna lain, dan tidak dapat mengakses file atau folder milik akun lain.
  3. Guest. Akun Guest, yang dinonaktifkan secara default, adalah akun khusus yang ditujukan untuk penggunaan sementara oleh mereka yang tidak memiliki akun pribadi di PC (misalnya seperti, tamu yang datang ke rumah). Seseorang yang menggunakan akun Tamu tidak dapat mengubah pengaturan PC atau mengakses file atau folder milik akun pengguna lain

Saat kita mengatur akun pertama di PC, secara otomatis akan dibuat akun Administrator (setiap PC Windows harus memiliki setidaknya satu akun administrator). Setiap akun berikutnya yang kita buat, secara otomatis menjadi akun standar (meskipun kita dapat mengubahnya menjadi akun administrator sesudahnya).

Akun Microsoft Berbanding Akun Lokal

Saat kita membuat akun pengguna baru di Windows, kita diberi pilihan untuk mengaturnya sebagai akun Microsoft atau akun Lokal (walaupun prosesnya jelas mengarahkan kita ke akun sebelumnya). Perbedaan ini terpisah dari jenis akun yang baru saja dibahas, misalnya administrator atau akun standar dapat berupa Microsoft atau Lokal. Ada beberapa perbedaan penting antara akun Microsoft dan akun Lokal, tetapi sejauh menyangkut manajemen file, perbedaan yang terpenting adalah ketika kita masuk ke PC menggunakan akun Microsoft, akun tersebut secara otomatis memasukkan kita ke berbagai layanan online Microsoft (termasuk penyimpanan cloud OneDrive-nya).

Membuat Akun Pengguna Baru

Untuk mengatur akun pengguna baru (di Windows 8.1), cari “tambah pengguna” dan jalankan Tambah, hapus, dan kelola akun pengguna lain. Kemudian klik atau ketuk Tambahkan akun dan Anda akan melihat layar “how will this person sign in?”. Atau di Windows 10 dengan klik start, lalu klik logo akun di sebelah kiri atas, dengan logo seperti bergambar orang. Setelah itu akan tampil gambar seperti pada Gambar 1.

Gambar 1. Dari sini Anda dapat membuat akun Microsoft atau Lokal

Jika Anda sudah memiliki akun Microsoft, masukkan alamat email yang Anda gunakan untuk masuk ke dalamnya di tempat yang disediakan. Alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Microsoft juga akan digunakan untuk masuk ke PC. Jika Anda tidak memiliki akun Microsoft tetapi menginginkannya, klik atau ketuk Daftar untuk alamat email baru dan ikuti langkah-langkah untuk membuat akun baru. Jika Anda lebih suka membuat akun lokal, klik Sign in without a Microsoft account (not recommended), lalu klik atau ketuk Local account. Anda akan melihat layar yang ditunjukkan pada Gambar 2, di mana Anda dapat memilih nama pengguna, sandi, dan petunjuk sandi (yang akan ditampilkan jika Anda lupa sandi).

Gambar 2. Pilih nama pengguna, kata sandi, dan petunjuk kata sandi untuk membuat akun lokal

Windows akan membiarkan Anda melewati pembuatan kata sandi untuk akun lokal non-administrator, tetapi Anda tetap harus menentukannya, jika hanya untuk mencegah orang menggunakan akun yang bukan miliknya secara tidak sengaja.

Membuat Akun Pengguna Mengapa Skipping Akun Microsoft Tidak Direkomendasikan?

Terutama karena menggunakan akun lokal berarti Anda harus masuk ke akun Microsoft Anda secara terpisah saat Anda perlu mengakses layanan Microsoft, seperti mengunduh aplikasi dari windows store, menggunakan skype, atau mengakses file yang disimpan di OneDrive. Juga, jika Anda menggunakan akun Microsoft dan masuk ke PC lain, beberapa pengaturan dan preferensi Anda akan mengikuti Anda ke PC tersebut. Tetapi jika Anda ingin melupakan kemudahan ini, tidak ada salahnya menggunakan akun lokal untuk login ke PC Anda.

Menambah Pengguna Baru Di Windows 10

Windows 10 mendukung hampir semua jenis akun yang sama dengan windows 8.1 (kecuali untuk akun tamu), tetapi prosesnya untuk menambahkan pengguna baru sedikit berbeda. Anda masih dapat memulai dengan mencari add User, tetapi di windows 10 pengaturan yang ingin Anda jalankan disebut add, edit, atau delete pengguna lain. Ketika Anda menjalankannya, Anda akan melihat layar yang ditunjukkan pada Gambar 3. untuk menambahkan akun anggota keluarga dengan akun Microsoft, pilih Add a family member. Anda akan ditanya apakah Anda ingin menyiapkan akun untuk orang dewasa atau anak-anak, dan memberikan alamat email yang terkait dengan akun Microsoft (atau menyiapkan alamat email dan akun Microsoft baru).

Gambar 3. Menambahkan akun pengguna di Windows 10 sedikit berbeda dari di Windows 8.1

Untuk menambahkan akun untuk seseorang yang bukan anggota keluarga dan karena tidak ada lagi akun tamu di windows 10, Anda mungkin ingin melakukan ini untuk pengunjung yang sering berkunjung atau tamu rumah. Pilih add someone else to this PC, lalu masukkan alamat email akun Microsoft mereka, atau The person I want to add doesn’t have an email address untuk membuat akun Microsoft bagi pengguna. Jika tidak, pilih Add a user without a Microsoft account untuk menyiapkan akun lokal. Kebetulan, opsi terakhir ini adalah cara membuat akun lokal untuk siapa saja, anggota keluarga atau bukan.

Mengaktifkan Akun Tamu

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Guest Account adalah jenis akun khusus yang tersedia di Windows 8.1 (tetapi bukan Windows 10). Ini dimaksudkan untuk memberi pengunjung akses terbatas ke PC anda tetapi tidak mengizinkan pengguna untuk mengubah pengaturan PC atau mengakses file pengguna lain. Perhatikan bahwa Guest Account selalu bernama “Guest” dan tidak dapat memiliki kata sandi. Untuk mengaktifkan akun Tamu, cari “Guest” dan pilih Aktifkan akun tamu atau off untuk membuka jendela yang ditunjukkan pada Gambar 4. Klik atau ketuk Guest Account, lalu klik atau ketuk tombol Nyalakan.

Gambar 4. Pilih akun Tamu, lalu pilih Aktifkan untuk mengaktifkannya

Beralih Antar Akun Pengguna

Saat Anda memulai PC yang memiliki lebih dari satu akun Windows, semua akun ditampilkan di layar masuk sehingga Anda dapat memilih akun mana yang Anda inginkan untuk digunakan. Tetapi bahkan jika orang lain telah masuk ke PC dengan akun lain, Anda masih dapat masuk ke PC itu dengan akun Anda sendiri, dan melakukannya tanpa ada masalah apa pun yang dimiliki orang pertama sedang berlangsung. Untuk masuk ke PC dengan akun baru, klik atau ketuk nama pengguna di Mulai layar, lalu klik atau ketuk akun baru yang ingin Anda gunakan (Gambar 5). Akun baru akan masuk dan akun yang ada akan dikunci (tetapi masih berjalan di Latar Belakang).

Gambar 5. Klik atau ketuk nama pengguna yang saat ini masuk untuk masuk dengan akun baru

Apakah Anda memperhatikan opsi Kunci pada Gambar 5? Sebaiknya pilih saat Anda berencana untuk meninggalkan PC tanpa pengawasan untuk waktu yang lama. Ini akan membuat akun Anda tetap terbuka dan/atau berjalan (file, aplikasi, dll.) tanpa gangguan dan juga memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat menggunakan akun Anda. Jika, seperti dalam contoh kami, Anda memiliki banyak akun pengguna di PC Anda, ketika PC telah dikunci, Anda akan melihat panah menghadap ke kiri di sebelah nama pengguna di layar. Untuk mengunci akun atau beralih antar akun dari desktop Windows 10, klik atau ketuk logo Windows di kiri bawah, lalu klik atau ketuk nama pengguna.

Akun Ganda dan Kinerja PC

Saat beberapa akun berjalan di PC secara bersamaan, masing-masing akun menggunakan sumber daya komputasi (yaitu, daya prosesor dan RAM) meskipun tidak digunakan secara aktif. Pada beberapa PC, khususnya yang dirancang agar berukuran kecil dan ringan, bukan untuk performa tinggi, menjalankan terlalu banyak akun sekaligus dapat terasa memperlambat respons PC, tetapi sebagian besar harus dapat menampung dua atau mungkin tiga akun secara bersamaan dengan perlambatan minimal. Setelah akun ditetapkan sebagai administrator atau standar, Microsoft atau lokal, akun tidak perlu tetap seperti itu selamanya. Berikut ini cara mengubah jenis akun yang berbeda.

Untuk mengubah akun Standar menjadi Administrator atau sebaliknya, cari dan pilih akun pengguna untuk menampilkan layar. Untuk mengubah akun yang sedang Anda gunakan, pilih Change your account type. Untuk mengubah akun lain, pertama pilih Manage another account, lalu pilih akun yang Anda inginkan dan pilih Ubah jenis akun. Ingatlah bahwa semakin banyak akun administrator di PC, semakin besar peluang untuk masalah akibat malware. Kami menyarankan untuk tetap menggunakan satu akun administrator jika memungkinkan. Cukup klik atau ketuk tautan untuk beralih ke jenis akun lainnya. Di Windows 10, alih-alih Putus/Sambungkan, opsi yang disediakan adalah Masuk dengan akun Microsoft (atau akun lokal).

Review Buku “File Management Made Simple, Windows Edition”, Joseph Moran, 2015

Referensi

Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *