Mengenal Tumbuhan Langka Indonesia (Zingiber loerzingii Valeton)

INFORMASI UMUM

Saat ini tumbuhan ini belum terlalu di kenal dan belum banyak dipublikasikan. Penulis tergabung dengan tim flora indonesia tidak sengaja menemukan salah satu tumbuhan ini di salah satu Cagar Alam yang ada di Sumatera Utara. Tumbuhan ini Salah satu tumbuhan yang masuk kategori tumbuhan langka Indonesia. Tumbuhan tersebut adalah Zingiber loerzingii. Z. loerzingii masuk kedalam famili Zingiberaceae (Temu-temuan/jahe-jahean). Tumbuhan ini belum diketahui nama lokalnya atau daerahnya karena informasi tumbuhan ini terbilang terbatas. Perbungaan Zingiber loerzingii sangat khas dengan teksturnya yang berlendir. Menurut IUCN Redlist Tumbuhan ini memiliki status Vurnurable (VU) atau rentan.

DESKRIPSI DAN CIRI TUMBUHAN Zingiber loerzingii

Gambar. Zingiber loerzingii Valeton

Dari hasil determinasi Dewi (2012) diketahui bahwa Zingiber loerzingii merupakan tumbuhan herba dengan tinggi mencapai 1.5-2.5 m . Daun Z. loerzingii berbentuk lanset-bulat panjang (lanceolato-oblonga) dengan ujung daun meruncing dan bagian pangkal agak lancip. Ukuran daun dewasa mencapai 63×15 cm. Daun memiliki petiole (tangkai daun) yang tipis dan berbentuk kanal dengan panjang mencapai 5 cm. Pada bagian teruk berdaun terdapat ligula dengan tekstur membran tipis dan kering dengan berkisar 1-3.5 cm. Perbungaan Zingiber loerzingii berbentuk bulat-panjang dengan ukuran mencapai 15×12 cm. Bagian perbungaan yang masih muda berwarna putih pucat (Gambar 4C) dan bagian perbungaan yang sudah lebih tua berwarna merah terang agak kuning (coralred yellow). Perbungaan yang sudah tua akan memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan perbungaan muda. Bractea (daun pelindung) berbentuk seperti perahu runcing dengan ujung lancip dan melengkung ke bawah. Ukuran daun pelindung mencapai 5 cm. Bracteole (anak daun pelindung) berbentuk lebih bulat, dengan ujung lancip, dan membentuk tabung simetris dengan ukuran berkisar 4×1.6 cm (Gambar 4C). Bunga Zingiber loerzingii berwarna kuning pucat dengan panjang mencapai 6-7 cm. Labellum (bibir bunga) berwarna jingga kemerahan dan berbentuk sedikit rompang (subtruncatus) dengan tiga gigi pendek yang tidak simetris. Petalum dorsale (daun bunga dorsal) berbentuk lanset dengan ujung lancip dan bertaji (cucullatum), sedangkan petalum laterales (daun bunga lateral) berbentuk bulat, lebih panjang, dan tidak terlalu runcing (obtusa). Calyx (kelopak tambahan) bunga bertekstur tipis dengan panjang berkisar 20 mm. Bunga dilengkapi dengan sepasang anther (kepala sari) yang panjangnya mencapai 15 mm. Appendix (ujung tambahan) kepala sari yang berwarna merah membengkok bersama dengan stylus (tangkai putik) di antara dua kepala sari tersebut. Tangkai putik berbentuk silinder, linear, dan meruncing ke ujung dengan panjang berkisar 5-7 mm. Corolla tube (tabung mahkota) berukuran 40×15 mm. Di dalam tabung mahkota terdapat ovarium yang bertekstur tipis dan berbulu dengan ukuran berkisar 5-10 mm.

HABITAT DAN PERSEBARAN

Zingiber loerzingii di temukan di Sumatera, Indonesia (di Sepanjang Bukit Barisan antara Ketambe, Simolap dan Sibolangit. Z. loerzingii dapat tumbuh di lembah dengan naungan, habitat yang agak basah, tumbuh di elevasi 200-400 m dpl. Penulis menemukan tumbuhan ini bersama Tim Flora Indonesia di Cagar Alam Sibolangit yang ada di Sumatera Utara pada tahun 2019

INFORMASI TAMBAHAN

Berdasarkan penelitian Dewi (2012) dengan judul ” ANALISIS BIOMOLEKULER GEN INTERNAL TRANSCRIBED SPACER (ITS) DALAM STUDI FILOGENETIK Zingiber loerzingii Valeton (ZINGIBERACEAE)” Z. loerzingii memiliki kekerabatan yang dekat dengan Z. orbiculatum. Kebun Raya Bogor telah melakukan koleksi Herbarium Z. loerzingii dengan nomor XI.B.V.86 dan koleksi spesimen basah dengan nomor 5269. Kolektor dari spesimen tersebut adalah Lörzing (Dewi, 2012). Pelestarian secara ex-situ telah di lakukan di Kebun Raya Bogor dan baru ada satu rumpun (Rugayah et al, 2017).

REFERENSI

  1. Dewi, C.L.H., 2012. Analisis Biomolekuler Gen Internal Transcribed Spacer (ITS) dalam Studi Filogenetik Zingiber loerzingii Valeton (Zingiberaceae)Bogor. IPB.
  2. Rugayah, Yulita S. Y,, Arifiani D., Rustiami H., Girmansyah D. 2017. TUMBUHUHAN LANGKA INDONESIA : 50 Jenis Tumbuhan Terancam Punah. Jakarta: LIPI Press.
  3. Nurainas & Ardiyani, M. 2019. Zingiber loerzingiiThe IUCN Red List of Threatened Species 2019: e.T117465518A124284822. https://dx.doi.org/10.2305/IUCN.UK.2019-2.RLTS.T117465518A124284822.en. Downloaded on 27 August 2020.
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *