Perkembangan Model Membran Sel

PERKEMBANGAN MODEL MEMBRAN SEL

Model membran sel yang diakui saat ini adalah model membran sel Singer dan Nicolson (model membran mosaic cair). Model membran sel telah berkembang dalam beberapa dekade terakhir ini.

MODEL MEMBRAN MENURUT OVERTON DAN LANGMUIR

Suatu lipida terdiri dari molekul yang memiliki bagian polar (hidrofilik) dan non-polar (hidrofobik), apabila diteteskan pada air, maka lipida tersebut meluas membentuk palisan monomolekul. Bagian hidrofilik setiap molekul mengarah pada air sedangkan bagian hidrofobiknya menjauhi air.

MODEL MEMBRAN MENURUT PLOWE

Lapisan luar protoplasma pada sel tumbuhan adalah suatu lapisan elastis yang berbeda dari bagian lain di sitoplasma yang disebut dengan plasmalemma atau membran plasma yang merupakan suatu satuan fisik yang memiliki suatu organisasi molekul yang dapat memisahkan membran plasma dari bagian lain sel.

MODEL MEMBRAN MENURUT GORTER DAN GRENDEL

Membran sel terutama dibentuk dari molekul lipida biomolekuler. Ujung polar molekul lipida pada satu lapisan terorientasi ke luar, sedangkan ujung polar lipida pada lapisan lain terorientasi ke arah dalam atau mengarah ke sitoplasma.

MODEL MEMBRAN MENURUT J.F. DANIELLI DAN E.N. HARVEY

Membran plasma terdiri atas dua fase, yaitu fase cair dan fase minyak. bagian lipida yang hidrofobik berorientasi ke arah fase cair. protein terhidrasi bekerja sebagai suatu buffer diantaranya kepala lipida yang hidrofilik dan fase cair.

MODEL MEMBRAN MENURUT DANIELLI DAN DAVSON

Membran plasma terdiri atas dua lapisan lipida protein. Molekul-molekul lipida amfifatik berorientasi dengan daerah hidrofobik ke arah fase minyak dan permukaan lain berorientasi ke arah lingkungan eksternal. Protein terhidrasi berperan sebagai suatu muffer pelapis antara kepalalipida yang hidrofilik dan fase cair.

MODEL MEMBRAN MENURUT ROBERTSON

Membran plasma merupakan struktur berlapis tiga yang terdiri atas dua lapisan terluar yang padat terdiri atas protein dengan tebal masing-masing 2,0 nm dan lapisan tengah berupa lipida dengan tebal 3,5 nm. Jadi tebal membran keseluruhan berkisar 7,5 nm. ketiga lapisan tersebut disebut dengan unit membran.

MODEL MENURUT SINGER DAN NICOLSON

Membran plasma terdiri atas:

  1. Lapisan lipid ganda yang dikelilingi oleh protein globular. Protein globular ada yang tertanam pada matriks membran dan ada yang terikat pada permukaan polar lipida.
  2. Protein membran berada pada keadaan tersebar, bukan suatu lapisan yang bersinambungan.
  3. Protein yang terikat pada permukaan polar lipida disebut protein perifer atau protein ekstrinsik, sedangkan protein yang tertanam pada matriks atau menembus lapisan lipida disebut protein integral atau protein intrinsik.
  4. Protein perifer dan integral yang berkaitan dengan molekul gula disebut glikoprotein, sedangkan molekul lipida yang berikatan dengan gula disebut glikolipida.

MODEL MEMBRAN MENURUT UNWIN DAN HENDERSON

Protein membran yang terdapat pada membran sel sebagian besar mengandung segmen transmembran. Kebanyakan protein tersebut memiliki struktur utama satu atau lebih urutan hidrofobik yang menjangkau lipid bilayer. Segmen transmembran ini merupakan jangkar protein untuk membran dan mempertahankan keselarasan dan keseimbangan dalam lipid bilayer.

Previous Post
Next Post

Comments

PERKEMBANGAN MODEL MEMBRAN SEL | Eko Prasetya

[…] MODEL MEMBRAN MENURUT OVERTON DAN LANGMUIR Suatu lipida terdiri dari molekul yang memiliki bagian polar (hidrofilik) dan non-polar (hidrofobik), apabila diteteskan pada air, maka lipida tersebut meluas membentuk palisan monomolekul. Bagian hidrofilik setiap molekul mengarah pada air sedangkan bagian hidrofobiknya menjauhi air ….. Baca Selengkapnya → […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *